Kondisi AC mobil yang sehat turut menentukan kenyamanan saat mengemudi, sehingga kondisinya perlu diperhatikan. Jangan sampai konsentrasi Anda buyar saat mengemudi gara-gara AC mobil rusak. Lantas bagaimana indikasi AC mobil korea perlu segera di servis? Berikut tanda-tanda yang wajib Anda ketahui.

1. AC sudah tidak terasa dingin.

Tanda-tanda AC mobil korea Anda perlu segera di servis adalah udara dalam mobil terasa sudah tidak dingin lagi meskipun AC sudah Anda atur suhu paling dingin Cara ini merupakan cara yang paling mudah untuk menentukan kapan Anda harus melakukan servis. AC mobil yang tidak dingin biasanya diakibatkan karena adanya kebocoran selang atau freon yang sudah lama tidak diganti.

2. Bau kurang sedap

Jika Anda menghirup bau yang kurang sedap saat masuk di dalam kabin mobil tandanya Anda perlu segera melakukan perawatan AC. Bau kurang sedap ini disebabkan banyaknya kotoran yang menumpuk pada filter kabin sehingga menyebabkan pertumbuhan bakteri sehingga menimbulkan aroma khas. Lakukan pengecekan pada filter kabin, atau bongkar ruang blower lalu cuci jika Anda mengalami kondisi tersebut.

3. Kecilnya Angin Blower

Jika hembusan angin blower AC Anda terasa kecil, itu tandanya AC mobil korea Anda perlu segera di servis. Hal tersebut terjadi karena evaporator AC sudah sangat kotor. Pada kondisi seperti ini, sebaiknya Anda mengganti freon AC dengan yang baru.

4. Ngorok

Tanda selanjutnya adalah keluarnya bunyi seperti orang ngorok di bagian kompresor AC. Kondisi tersebut disebabkan oleh piston yang sudah oblak, serta banyaknya kotoran di dalam kondensor sehingga kerja piston semakin berat. Jika Anda mengalami hal tersebut, sebaiknya mengganti oli kompresor agar piston kompresor tidak baret dan mengeluarkan bunyi seperti orang ngorok.

5. Air menetes di kabin

Normalnya pembuangan air AC akan menetes ke kolong mobil, tetapi jika air pembuangan AC mobil sudah menetes di kabin tandanya Anda harus segera melakukan perawatan AC. Kondisi tersebut diakibatkan karena penumpukan kotoran debu ataupun asap rokok yang mengering.Apabila kondisi ini dibiarkan berlarut-larut uap dari refrigerant yang bocor dapat membuat seseorang mengalami sesak nafas hingga menimbulkan iritasi pada mata dan tenggorokan.

6. Suhu AC tidak stabil

Tanda-tanda AC mobil korea Anda perlu segera di servis selanjutnya, adalah suhu AC tidak stabil. Kondisi seperti ini baru Anda sadari jika Anda mengalami kemacetan, Anda akan merasakan kadang panas kadang dingin. Hal tersebut terjadi karena bagian magnetic clutch kompresor AC mengalami kerusakan.

Tanda-tanda diatas dapat dijadikan acuan untuk segera melakukan perawatan AC mobil korea Anda.  Bagi Anda yang sedang ingin membeli beberapa peralatan perawatan AC mobil korea, MobilKoreaPart.com merupakan pilihan yang tepat. Karena situs ini menyediakan berbagai peralatan perawatan AC mobil hingga peralatan variasi mobil.