Perdana Visa merupakan agensi terbaik dan ternama di Indonesia dalam pengurusan visa, dan kitas yang kredibilitasnya sudah tidak diragukan lagi. Agensi ini juga akan membantu Anda sebagai investor asing dalam berbisnis di Indonesia. Anda bisa dengan mudah mendirikan PT PMA di Indonesia, karena agensi ini akan memandu Anda dalam proses pendirian PMA. Sebelum, Anda mendirikan PT PMA di Indonesia, Anda wajib mengetahui bagaimana cara mendirikan PT PMA yang baik dan benar. Untuk selengkapnya, perhatikan ulasan berikut.

Cara membuat PT PMA yang baik dan benar

Apabila Anda hendak mendirikan pt pma di bali, Anda harus mengetahui bagaimana cara mendirikan perusahan yang baik dan benar. Agar perusahaan Anda bisa berkembang pesat di Bali atau dikenal luas di seluruh penjuru Indonesia tanpa harus bermasalah dengan hukum Indonesia. Berikut cara pembuatan PT PMA yang benar.

  1. Membuat akun OSS, dan mengajukan permohonan untuk pengesahan nama perusahan yang akan berdiri di Indonesia. Pastikan akun dan nama perusahaan Anda bisa diakses secara mudah oleh notaris. Nama perusahaan yang Anda dirikan harus terdiri dari tiga kata yang memiliki makna yang baik dan bukan berbau vulgar. Nama perusahaan yang Anda daftarkan ke KEMENKUMHAM harus autentik dan tidak boleh ada kemiripan dengan nama perusahan lain.
  2. Mengajukan permohonan izin pokok kepada BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal Indonesia). Untuk mendapatkan izin pokok dari BKPM, para investor wajib berinvestasi melebihi USD. 1.000.000. Jika sudah disetujui, maka Anda mendapatkan izin untuk berinvestasi sementara selama satu tahun di Indonesia. Izin ini juga dapat diperpanjang hingga dua tahun.
  3. Membuat anggaran dasar perusahaan atau akta perusahaan.
  4. Melampirkan bukti anggaran dasar perusahan kepada KEMENKUMHAM untuk pengesahan akta perusahaan.
  5. Melampirkan surat domisili baik dari pemilik gedung yang Anda sewa untuk kepentingan perusahaan dan surat domisili dari kecamatan domisili perusahaan Anda.
  6. Membuat NPWP perusahaan dan menyetujui peraturan wajib pajak di Indonesia.
  7. Membuat TDP (Tanda Daftar Perusahaan) untuk menyelesaikan pendaftaran perusahan. TDP tesebut nantinya akan digunakan sebagai syarat resmi berdirinya perusahaan Anda di dalam suatu wilayah.

Keuntungan mendirikan PT PMA di Indonesia

Berikut beberapa keuntungan yang didapatkan para investor asing ketika mendirikan PT PMA di Indonesia.

  1. Investor asing dapat melakukan investasi penanaman modal secara patungan dengan rekan bisnis di Indonesia atau dapat berinvestasi secara penuh. Hal tersebut didukung dengan Perpres (Peraturan Presiden) pada tahun 2018 tentang investor asing boleh melakukan investasi secara masif di Indonesia. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk mendongkrak perekonomian Indonesia.
  2. Investor asing memiliki hak penuh terhadap kontrol perusahaan. Investor asing dapat menentukan strategi pemasaran yang dirasa tepat untuk perkembangan perusahaan tanpa adanya pembatasan.
  3. Keuntungan yang didapatkan dari pendirian PT PMA di Indonesia lebih besar. Hal tersebut terjadi karena upah buruh di Indonesia murah, Indonesia kaya akan sumber daya alam sehingga masih banyak bahan mentah yang masih bisa diekploitasi kedepannya. Jika Anda merupakan investor asing dalam bidang otomotif, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang sangat besar dan cepat. Hal tersebut terjadi karena Indonesia merupakan negara dengan jumlah pengguna suku cadang terbanyak di dunia.

Melihat banyaknya keuntungan pendirian PT PMA di Indonesia, apakah Anda masih ragu untuk berinvestasi di Indonesia?