Ban merupakan salah satu komponen pada mobil yang paling vital keberadaannya. Pasalnya, ban menjadi satu-satunya bagian yang menempel di aspal jalan. Tanpa adanya ban, mustahil mobil dapat bergerak maju maupun mundur. Maka itu, perawatan ban mobil harus selalu diperhatikan supaya ketebalan ban mobil tidak cepat terkikis dan botak. Jika sudah botak, ban harus segera diganti di bengkel terdekat.

Nyaman Berkendara Pakai Karet Ban Tebal

Seperti diketahui, saat ini seringkali melihat mobil yang menggunakan velg besar dengan ban yang profilnya cukup tipis, ukuran 265/30 misalnya pada ukuran 19 inci. Banyak yang menilai bahwa hal tersebut dianggap keren. Padahal, ketebalan ban mobil bisa menawarkan kenyamanan berkendara yang lebih baik daripada ban berkarakter tipis.

Mengapa demikian? Hal ini lantaran ban yang tebal bisa meredam seluruh lonjakan yang ada di jalan. Karena bahan untuk membuat ban punya sifat yang lunak, fungsinya sebagai sebuah matras. Semakin tebal profil bannya, maka semakin banyak energi yang bisa diserap sehingga menawarkan pengendaraan yang lebih empuk dan nyaman.

Hal tersebut tidak bisa didapatkan pada ban berprofil tipis. Ban profil tipis tidak bisa meredam ban sebaik ban berprofil tebal dan membuat pengendaraan menjadi lebih keras dari biasanya meskipun mobil dan suspensinya sama.

Ketebalan Ban Mobil Melindungi Velg

Ada juga yang menganggap bahwa ketebalan ban mobil mampu melindungi velg dari kerusakan misalnya saat menghantam lobang di jalan tol pada kecepatan yang cukup tinggi. Ban yang tebal akan menyerap lebih banyak energi sehingga velg lebih terlindungi dan aman dari kerusakan seperti penyok atau bahkan pecah.

Pada ban berprofil tipis, perlindungan tersebut tidaklah banyak. Sehingga, saat menghantam lubang dikecepatan tinggi, velg bisa mengalami kerusakan. Jika sudah begitu, harus dibawa ke bengkel ban mobil terdekat guna mendapat perawatan dan pergantian.

Ban Tebal Menawarkan Kekuatan Besar

Ban tebal juga menawarkan kekuatan lebih seperti kebutuhan mengangkut keluarga dalam jumlah banyak misalnya pada mobil MPV berkapasitas 7-8 penumpang. Dengan ketebalan ban mobil yang sesuai, berkendara bisa semakin nyaman dan aman.

Cara Membaca Kode Ketebalan Ban Mobil

Ban mobil merupakan salah komponen yang memiliki peran penting bagi sebuah mobil. Namun apakah sudah memperhatikan bahwa ternyata terdapat kode ban mobil yang berbeda antara satu ban dengan ban yang lainnya.

Kode ban mobil tersebut tentunya memiliki arti tersendiri yang dapat menjelaskan berbagai macam hal agar ban mobil tersebut dapat bekerja dengan maksimal.

Arti Huruf Pertama

Pada bagian awal kode ban mobil maka OtoFriends akan melihat huruf P, ST, LT, atau T. Masing-masing dari setiap ban mobil akan memiliki salah satu dari beberapa huruf tersebut. Arti dari huruf pertama menandakan bahwa ban mobil tersebut diperuntukkan untuk apa.

Huruf P pada awal kode memiliki arti passenger yang berarti ban mobil tersebut diperuntukan untuk kendaraan sehari-hari yang mengangkut penumpang seperti mobil mobil dengan jenis city car, SUV atau MPV.

Namun jika pada ban mobil yang digunakan untuk mengangkut penumpang tidak terdapat huruf ini, maka ban tersebut mengacu pada metode pengukuran ban Amerika yang disebut P-Metrik.

Sementara untuk huruf lainnya masing-masing memiliki arti yang berbeda. Untuk kode ST berarti Special Trailer, untuk LT berarti Light Truck, dan T yang berarti Temporary atau yang berarti ban dengan kode T adalah ban cadangan yang tidak disarankan untuk digunakan dalam waktu yang lama.

Arti 3 Angka Pertama

Setelah huruf pertama, maka OtoFriends akan melihat 3 angka pertama pada sebuah kode ban mobil. 3 angka yang pertama ini memiliki arti yang cukup penting dan harus OtoFriends pahami.

Hal tersebut karena 3 angka yang pertama tersebut menunjukan lebar tapak ban tersebut dalam satuan milimeter. Sebagai contoh apabila terdapat angka 205 pada 3 angka pertama pada sebuah kode ban mobil, maka hal tersebut berarti ban tersebut memiliki lebar tapak seluas 205mm.

Lebar tapak ban mobil sangat mempengaruhi kenyamanan OtoFriends dalam berkendara karena akan sangat menentukan daya cengkram ban dan akselerasi pada sebuah mobil.

Arti 2 Angka Setelah Garis Miring

Pada bagian selanjutnya dari sebuah kode ban mobil maka OtoFriends akan melihat 2 angka setelah garis miring. 2 Angka setelah garis miring menunjukan persentase rasio ban, tinggi atau ketebalan ban mobil.

Untuk mengetahui persentase tersebut, OtoFriends dapat membuat perhitungan dengan mengalikan 2 angka setelah garis miring dengan lebar tapak ban tersebut.

Sebagai contoh apabila terdapat kode ban 205/65, maka hal tersebut berarti ban tersebut memiliki rasio sebesar 65% dari 205mm. Berdasarkan hasil perhitungan 65%x205mm maka, dapat diketahui bahwa rasio ban tersebut adalah 133,2mm. Hal tersebut juga berlaku pada beberapa kode rasio lainnya seperti 75 dan seterusnya.

Arti Huruf Kedua

Setelah 2 angka setelah garis miring pada sebuah kode ban, maka OtoFriends akan melihat huruf setelahnya. Huruf tersebut memberikan arti tipe konstruksi yang digunakan pada ban tersebut.

Umumnya akan terdapat 2 jenis huruf pada bagian ini, yaitu R dan RFT. R berbarti ban tersebut adalah ban yang menggunakan lapisan radial yang biasanya digunakan untuk kendaraan penumpang dan untuk berkendara sehari-hari.

Sementara RFT berarti ban tersebut adalah ban Run Flat Tyre yang berarti ban tersebut memiliki kemampuan untuk tetap digunakan sekalipun dalam keadaan kempis dengan jarak 80 sampai 150 kilometer dan dengan batas maksimal kecepatan 80km per jam.

Arti 2 Angka Setelah Huruf Kedua

Setelah huruf kedua, pada sebuah kode ban mobil maka OtoFriends akan melihat 2 angka setelahnya. Angka pada bagian ini menunjukan diameter velg yang cocok dan bisa digunakan oleh ban tersebut.

Umumnya sebuah velg mobil memiliki ukuran diameter mulai dari 12 inci sampai 22 inci. Jika pada bagian ini terdapat angka 14, maka ban tersebut cocok atau sebaiknya menggunakan velg dengan ukuran 14 inci.

Bagian ini sangat perlu OtoFriends pahami agar bisa dapat menggunakan velg dengan diameter yang tepat bagi ban mobil OtoFriends.

Arti 2 Angka Terakhir

Pada bagian selanjutnya dari sebuah kode ban mobil, maka OtoFriends akan melihat 2 angka terakhir. 2 Angka terakhir ini menunjukan indeks beban maksimal yang dapat ditumpu oleh ban tersebut.

Huruf Terakhir

Pada bagian terakhir dari sebuah kode ban mobil, maka OtoFriends akan melihat sebuah huruf pada bagian akhir. Huruf terakhir ini memiliki arti batas kecepatan maksimal dalam satuan km per jam yang sebaiknya OtoFriends ketahui agar dapat berkendara dengan aman dan nyaman.

Tadi adalah penjelasan tentang ketebalan ban mobil yang mempengaruhi perjalanan berkendara. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kondisi mobil dan lakukan perawatan di bengkel terpercaya seperti Otoklix supaya mobil selalu dalam top performance.