Jika Anda berencana untuk membeli mobil karena tuntutan mobilitas yang semakin tinggi Tetapi masih bingung karena tabungan Anda sudah cukup atau belum untuk bayar biaya Downpayment (DP) dan cicilan perbulannya. tak perlu bingung lagi, karena sekarang makin banyak pilihan mobil dengan DP dan kredit cicilan yang terjangkau. Nah, sekarang Anda akan mendapatkan rekomendasi mobil yang bisa dibawa pulang dengan membayarkan DP sekitar RP 15 sampai 30 Juta saja. Hal ini di karenakan mobil yang incar pun mempunyai harga yg terjangkau. Sehingga DP nya pun juga rendah.

Lalu berapakah Minimum DP untuk Membeli Mobil?

Jika Anda ingin membeli mobil secara kredit, pasti nya Anda bertanya-tanya berapa sih uang muka atau DP (Down Payment) yang diperlukan untuk membeli mobil baru ataupun bekas. Apakah ada minimal-nya, kemudian seberapa besar uang muka Anda nantinya akan mempengaruhi cicilan bulanan yang harus dibayarkan perbulannya.

Jika menurut ketentuan Bank Indonesia, DP (Down Payment) atau uang muka yang harus dibayarkan adalah minimum di antara 20-25% dari harga total mobilnya. contoh, mobil seharga Rp. 200 juta kemudian DP minimalnya 20% yang artinya senilai Rp. 40 juta.

Tapi, per 1 Maret 2021 sebenarnya Bank Indonesia resmi menurunkan uang muka sementara batas uang muka atau DP (Down Payment) bisa 0 persen loh, nah ketentuan resmi ini berlaku baik untuk kendaraan bermotor roda dua (motor) maupun juga kendaraan roda empat (mobil).

Walau adanya ketentuan baru DP 0 persen, tapi ternyata gak semua dealer kendaraan memberlakukan ini. Perlu Anda ketahui juga bahwa ada syarat kredit mobil dengan DP 0 persen jika si calon pembeli harus memiliki mobil pertama dengan tahun minimal 2014 dan tangan pertama. Mobil pertama tersebut juga harus atas nama si calon pembeli ataupun anggota keluarga lainnya yang tercantum di Kartu Keluarga.

Pada zaman ini, banyak dealer akhirnya memberikan promosi menggiurkan untuk meningkatkan penjualan. Dengan DP rendah selalu menarik minat calon pembeli.
Namun perlu Anda ketahui agar tidak terjebak pada penawaran seperti itu, bahwa tentu ada beberapa fitur yang tidak bisa Anda dapatkan dengan budget hanya sekitar Rp. 70 jutaan atau DP dibawah 30 juta.

Pertimbangan paling utama yaitu mobil yang didapat biasanya kebanyakan mobil bekas buakn kondisi baru. Ada beberapa pertimbangan ketika anda memutuskan membeli mobil bekas. Kualitas mobil bekas tentunya pasti tidak akan seperti mobil baru lagi, dikarenakan sudah pernah dipakai sebelumnya dan kita tidak tahu seperti apa pemakaiannya.

Selain itu, potensi perbaikan dan juga perawatan mobil bekas akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan mobil baru. Sedangkan biasanya garansi yang dimiliki si mobil pun tidak panjang.

Tapi, jangan sedih! Jika Anda jeli dan ingin membeli mobil masih bagus Anda bisa mendapatkan mobil bekas yang berkualitas dan terawat.  Apalagi nih, SEVA siap membantu menawarkan mobil bekas yang Anda inginkan dengan kondisi kendaraan yang baik, Anda bisa mulai siapkan beberapa persyaratan dokumen untuk proses pembelian dan juga menghitung simulasi kredit mobil bekas sekarang di aplikasi SEVA jika anda ingin membeli mobil baru secara kredit dengan dp mobil baru yang rendah dan berbagai macam merek dan type mobil yang di jajarkan disana.

Jadi, bagaimana nih mengenai mobil terbaik incaranmu, ayo segera download aplikasi SEVA di smartphone anda untuk paham lebih jelasnya. Setelah membaca, apakah Anda akan berencana membeli mobil baru setelah ini? jika iya, Anda bisa mengajukan kredit pembiayaan mobil baru ataupun beli mobil bekas melalui SEVA ya.