tv digital

Pemerintah lewat Kominfo menggalakkan penggunaan televisi digital Indonesia. Tapi mungkin memang masih banyak yang belum memahami televisi digital serta masih menganggapnya adalah hal yang sama dengan layanan live streaming tv. Keduanya bisa dibilang sangat berbeda. Seperti disinggung sebelumnya, televisi digital itu berbeda kalau dengan streaming memakai internet. Streaming internet ialah salah satu wujud kehebatan teknologi berbentuk digital. Agar bisa menikmati layanan streaming tersebut, bisa saja memerlukan biaya, baik melalui paket data atau pun pulsa. Sehingga kemungkinan besar tidak bisa secara gratis. Beda kalau dengan menonton televisi digital. Untuk bisa menikmati layanan digital tersebut, cukup dengan menggunakan STB atau Top Box saja. Harganya cukup terjangkau serta mudah juga didapat. Dengan memakai STB, televisi tabung tetap bisa menangkap tontonan digital. Tak perlu mengganti televisi, dan bisa tetap menonton siaran tv kesukaan. Agar lebih jelasnya seputar televisi digital, simak penjelasan berikut.

Apa Yang Dimaksud Dengan Televisi Digital?

Jadi, televisi digital merupakan jenis televisi dengan memakai modulasi digital serta sistem kompresi agar bisa menayangkan siaran gambar, suara, serta data menuju pesawat televisi. Sementara modulasi tersebut sendiri merupakan proses perubahan gelombang periodik agar menjadi suatu sinyal yang bisa membawa informasi.

Cara Kerja Sistem Televisi Digital

Proses modulasi membuat suatu informasi yang biasanya memiliki frekuensi rendah dapat dimasukkan ke gelombang pembawa yaitu yang umumnya gelombang berfrekuensi tinggi. Ada peralatan untuk bisa melaksanakan modulasi yang disebut modulator. Sementara peralatan agar bisa mendapat informasi-informasi awal yang merupakan kebalikan proses modulasi yaitu disebut demodulator. Ada juga peralatan yang bisa melaksanakan dua proses di atas yang biasa disebut modem. Sehingga bisa disimpulkan kalau TV digital ialah perangkat televisi dengan memakai sinyal untuk bisa menangkap siaran televisi. Sementara perkembangan tv digital juga sudah sangat maju. Sistem siaran yang analog mulai beralih ke digital.

Beberapa Kelebihan Layanan TV Digital

Dikarenakan memakai sinyal lebih baik, televisi digital mempunyai beberapa kelebihan. Berikut ini ada beberapa di antaranya.

  • Efek doppler bisa berkurang kalau menerima siaran dengan kondisi bergerak. Hal ini sering terjadi untuk TV analog dan membuat gambar mempunyai bayangan di layar.
  • Segi kualitas gambar TV digital bisa membuat siaran yang jernih serta dapat lebih dinikmati saat menonton setiap acara televisi.
  • Efek noise berkurang, efek noise tersebut bisa direduksi dengan penerimaan sinyal digital.
  • Penggunaan sinyal digital bisa menampung lebih banyak siaran pada satu paket, dikarenakan penggunaan bandwidth TV digital. Hal ini akan memudahkan pada saat mencari program tv yang ingin ditonton dan bisa menjamin kelancaran tontonan televisi.

Dengan berbagai hal di atas, maka secara keseluruhan memang TV digital telah menggunakan teknologi lebih baik dari pada tv analog

Apa Yang Dimaksud Dengan Streaming?

Kalau kita bahas secara teoritis, maka streaming ialah pengirim data dengan konten yang berbentuk video menuju perangkat elektronik misalnya seperti smart phone atau komputer. Hal tersebut diproses dengan transmisi internet konstan. Sementara istilah streaming itu sendiri bukan istilah asing tentu di telinga banyak orang. Saat ini, telah ada banyak platform memberikan fasilitas untuk para penggunanya. Misalnya Youtube yang terkenal dengan live streaming-nya. Ada juga aplikasi lain seperti RCTI Plus yang digunakan oleh banyak masyarakat Indonesia. Dengan makin mudah dan cepat di dapat internet, maka streaming juga makin mudah dilakukan.