Ketahui Cara Kerja Chain Hoist dan Industri yang Menggunakannya!
sumber gambar: webbing sling

Pada dasarnya webbing sling adalah sebuah teknologi untuk memudahkan pengangkutan barang, yang terbuat dari serat buatan yang punya daya tarik kuat. Material tersebut dipilih karena memiliki sifat anti jamur dan bakteri, tahan terhadap matahari langsung, serta punya ketahanan pada hentakan.

Memiliki alat pengangkut yang tepat sesuai fungsinya pada berbagai kebutuhan pastinya akan sangat membantu aktivitas Anda. Oleh sebab itu, Anda perlu memahami beberapa jenis tali pengangkut beban ini!

2 Jenis Webbing Sling Beserta Fungsinya

Secara umum, bentuk dari alat ini terbagi dalam dua karakter, yaitu pipih memanjang dan juga tabung memanjang. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Sedangkan untuk jenisnya, secara menyeluruh alat ini punya dua jenis, yaitu:

  1. Eye to Eye
    Jenis pertama ini adalah alat yang punya bentuk menyerupai wire rope, yang menerapkan mata pada kedua ujungnya. Fungsi dari jenis ini adalah untuk lubang pengikat atau pengait saat melakukan aktivitas berat. Secara umum, fungsi utama dari alat ini adalah untuk mengangkat (lifting) maupun mengikat (lashing).

Tali model ini biasanya sering Anda jumpai pada saat menderek kendaraan, dengan cara mengikatkan ujung sling tersebut pada kedua mobil yang saling menderek. Webbing sling memiliki banyak pilihan warna, yang juga menjadi penanda kapasitas beban yang bisa alat itu atasi.

  1. Round Sling (Melingkar)

Jenis berikutnya yang bisa Anda gunakan adalah alat yang tidak memiliki ujung. Jadi, secara look alat ini akan terlihat seperti sebuah cincin besar, yang bisa Anda gunakan pada berbagai kebutuhan. Walaupun memiliki fungsi yang sama, namun kekuatan yang alat ini hasilkan biasanya akan lebih besar.

Sayangnya, untuk ukuran dari alat ini cukup terbatas, sehingga jarak pegangan dengan barang yang Anda angkut atau tarik juga semakin kecil. Jadi, secara otomatis butuh tenaga yang lebih besar.

Jenis Webbing Sling Mana yang Sesuai Kebutuhan Anda?

Jadi, jenis alat pengangkut beban yang dapat Anda pilih, yakni Eye to Eye yang memiliki mata pada kedua ujungnya untuk menderek kendaraan atau Round Sling yang tak memiliki ujung dengan kekuatan lebih besar. Untuk mendapatkan fungsi yang maksimal, Anda harus membeli di tempat jual webbing sling yang berkualitas.